Kelas Microsoft Office Terdekat | 25 Maret 2024 => Jadwal Pukul 13.00-15.00 WIB (Kelas Siang)

BELAJAR MENGENAL RANCANG BANGUN

PENGERTIAN RANCANG BANGUN

Belajar Mengenal Rancang Bangun – Rancang Bangun terdiri dair dua kata, Rancang merupakan serangkaian prosedur untuk menerjemahkan hasil analisa dari sebuah sistem ke dalam bahasa pemrograman untuk mendeskripsikan dengan detail bagaimana komponen-komponen sistem diimplementasikan (Pressman, 2022). Sedangkan pengertian bangun atau pembangunan sistem adalah kegiatan menciptakan sistem baru maupun mengganti atau memperbaiki sistem yang telah ada baik secara keseluruhan maupun sebagian (Pressman, 2002).

Dengan demikian Rancang Bangun adalah kegiatan menerjemahkan hasil analisa ke dalam bentuk paket perangkat lunak, kemudian menciptakan sistem tersebut atau memperbaiki sistem yang sudah ada.

Nah apa aja sih perangkat lunak yang biasa dipakai untuk rancang bangun.

SOFTWARE YANG BANYAK DIGUNAKAN DALAM RANCANG BANGUN

  • ArchiCAD
  • Cheif Architect
  • Punch
  • AutoCAD Architecture

Sekarang kita bahas satu persatu mengenai aplikasi di atas.

1. ArchiCAD

Paada ahun 1980an Building Information Modeling (BIM) menciptakan software rancang bangun yand sangat efisien untuk Pple Macintosh. Walaupun terkesan sudah jadul, tetapi hingga hari ini , ArchiCAD masih kerap digunakan oleh mahasiswa maupun Arsitek pemula.

Rancag Bangun
https://www.harapanrakyat.com/2019/11/7-aplikasi-desain-rumah/

ArchiCAD dilengkapi dengan perintah elemen bangunan yang lengkap seperti kolom, dinding, balok, dan plat. Pada librarynya, ArchiCAD menawarkan berbagai komponenbanguna, interior, hingga pencahayaan. Dengan demikian sangat mungkin untuk menggambar 2D maupun 3D.

2. Cheif Architect

Chief Architect merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat rancangan 3D secara profesional. Meskipun aplikasi ini banyak dipakai untuk membuat desain 3D, namun Chief Architect ternyata juga bisa digunakan untuk membuat desain 2D juga lho.

Belajar Mengenal Rancang Bangun
https://www.harapanrakyat.com/2019/11/7aplikasi-desain-rumah/

Software ini bisa dirasa terlalu rumit bagi pemula, tapi emang fitur-fiturnya lengkap banget, sih. Tampilan yang dihasilkan Chief Architect bisa berbentuk 2D atau 3D, dan kamu dapat menggunakan fitur otomatisnya untuk memudahkan proses desainmu.

3. Punch

Punch Software adalah software desain rumah nomor 1 di Amerika. Software ini kompatibel dengan Windows, dilengkapi dengan LightWorks, dan dimotori oleh NexGen.

Belajar Mengenal Rancnag Bangun

Selain itu, software tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur otomatis sehingga mudah untuk digunakan dalam mendesain sebuah bangunan.

4. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture adalah software Computer Aided Design (CAD) yang laris manis digunakan dalam dunia Arsitektur. Software ini dilengkapi dengan tools dan library untuk menggambar lantai, pintu, jendela, atap, dan lain-lain dalam bentuk 2D maupun 3D.

Belajar Mengenal Rancang Bangun

Tak hanya oleh mereka yang berada dibidang Teknik Arsitektur, tapi juga Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, maupun bidang lain yang memerlukan gambar teknik. Yup, inilah software sejuta umat!.

Apakah kamu ingin kursus Rancang Bangun Teknik Sipil di Alfabank? Klik disini.

Bagikan :
WhatsApp chat