Kelas Microsoft Office Terdekat | 16 April 2024 => Jadwal Pukul 15.00-17.00 WIB (Kelas Sore)

Cara Menjadi Desainer Grafis Pro Tanpa Kuliah

Tahukah kalian? Tanpa harus kuliah yang menghabiskan waktu bertahhun-tahun, kalian bisa menjadi desainer grafis profesional loh!!. Karena faktanya saat, ini banyak orang yang handal dalam bidang desain grafis meskipuun tidak kuliah.

Ada banyak cara menjadi desainer grafis profesional tanpa kulliah. Sebelum itu, ada beberapa hal dasar yang harus kamu persiapkan seperti, passion, taste, dan mau belajar desain. Beberapa hal itu, bisa kamu pelajari dengan membaca buku-buku tentang desain, atau melihat video tutorial.

Menjadi Desainer Grafis Tanpa Kuliah

Selain membaca buku, dan melihat video tutorial, masih ada cara menjadi desainer grafis profesional tanpa kuliah.

1. Belajar Mengenal Taste dan Menggambar

Langkah paling utama apabiala anda ingin menjadi desainer grafis profesional adalah belajar menganal taste dan mulailah menggambar dalam berkarya desain, setidaknya kamu harus mengenal nirmana, dan unsur-unsurnya.

Mengenal taste menggambar, Photo by XPS on Unsplash

Nirmana ini sendiri merupakan ilmu mengenai susunan lemen visual seperti garis, titik, warna, ruang hingga tekstur yang bisa menjadi satu kesatuan yang harmonis.

2. Tentukan Spesialisasi Desain

Sama halnya seorang dokter, desainer juga memiliki spesialisasi. Disinilah, sebaiknya kamu mengenal spesialisasi desain yang kamu minati dan sesuai kemampuan. Contohnya spesialis desain iklan, desain user interface website atau mobile app, desain tipografi, atau pun desain icon set.

Cara menjadi desainer grafis
Typographi Anatomy, http://atk.co.id

3. Mengulik Aplikasi Desain Grafis

Setelah kamu menentukan spesialisasimu, kamu dapat memilih aplikasi mana yang harus kamu dalami. Misalnya, kamu memilih spesialis desain logo, print ad, iklan, secara umum kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.

Cara menjadi desainer grafis
Adobe Photoshop & Adobe Ilustrator Photo by Szabo Viktor on Unsplash

Jika kamu ingin jadi desainer user interface dan user experience sebuah website/mobile app,  kamu bisa mulai mendalami aplikasi Sketch (untuk pengguna Mac) dan Adobe XD (untuk pengguna Windows).

Setelah kamu bisa mengoprasikan aplikasi tersebut, kamu juga bisa lebih mendalaminya lewat vidio tutorial yang banyak tersebar di YouTube.

4. Membuat Portofolio Desainer

Setelah kamu menguasai cara menjadi desainer grafis di atas, mulailah menawarkan jasa desain gratis ke teman atau perusahaan non – profit yang nantinya bisa kamu kumpulkan menjadi portofolio.

Kamu juga bisa mempromosikannya lewat sosmed, atau situs portfolio seperti driBble, behance, dan kreavi. Selain menyebarkan di media sosial kamu juga harus mengumpulkan hasil karya desainmu menjadi buku.

Sebagian besar orang sangat menyukai bentuk fisik visual untuk menilai karya orang lain, jadi tidak salah untuk mencetak portofolio desainmu semenarik mungkin.

Menjadi desainer grafis tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, asalkan kamu mempunyai taste desain dan berfikir kreatif.

Nah jika kamu ingin terus mengembangkan kemampuanmu, kamu bisa mengikuti kursus di sini.

Kursus Intensif:

https://alfabankjogja.com/product-category/program-intensif/

Kursus Prifat:

https://alfabankjogja.com/product-category/program-privat/

Kursus Online:

https://alfabankjogja.com/product-category/kursus-online/

WhatsApp:

https://web.whatsapp.com/send?phone=6289671481943&text=Hai%20Alfabank%20Yogyakarta,%20saya%20berminat%20mendaftar%20kursus%20…

Maps:

https://g.page/Alfabankjogja?share

Bagikan :
WhatsApp chat