Kelas Microsoft Office Terdekat | 16 April 2024 => Jadwal Pukul 15.00-17.00 WIB (Kelas Sore)

Tempat Pelatihan Pembuatan Learning Management System di Yogyakarta

LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan materi-materi pelatihan. Dan semua itu dilakukan dengan online. (ellis 2009).

 

Menurut Amiroh (2012: 1) Learning Management System (LMS) atau Course Management System (CMS), juga dikenal sebagai Virtual Learning Environment (VLE) merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh kalangan pendidik, baik universitas / perguruan tinggite dan sekolah sebagai media pembelajaran online berbasis internet (e-learning).

 

Menurut Riad dan El-Ghareeb (2008: 2)Learning Management System (LMS) adalahLearning Management System (LMS) adalah sebuah kesatuan perangkat lunak yang secara komprehensif terintegrasi pada berbagai fitur untuk pengiriman dan pengelolaan course. LMS akansecara otomatis menangani fitur katalog course, pengiriman course, penilaian dan quiz.

 

LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara ‘’online’’. Dalam pelatihan korporasi, LMS biasanya digunakan untuk mengotomatisasi pencatatan dan pendaftaran karyawan. Dimensi untuk belajar sistem manajemen meliputi ‘’Students self-service’’ (misalnya, registrasi mandiri yang dipimpin instruktur pelatihan), pelatihan alur kerja (misalnya, pemberitahuan pengguna, persetujuan manajer, daftar tunggu manajemen), penyediaan pembelajaran ‘’online’’ (misalnya, pelatihan berbasis komputer, membaca & memahami), penilaian ‘’online’’, manajemen pendidikan profesional berkelanjutan (CPE), pembelajaran kolaboratif (misalnya, berbagi aplikasi, diskusi), dan pelatihan manajemen sumber daya (misalnya, instruktur, fasilitas, peralatan). LMS juga digunakan oleh regulasi industri (misalnya jasa keuangan dan biopharma) untuk pelatihan kepatuhan. Mereka juga digunakan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan dan mendukung program pengajaran di kelas dan menawarkan kursus untuk populasi yang lebih besar yaitu seluruh dunia. Beberapa penyedia LMS termasuk “sistem manajemen kinerja” meliputi penilaian karyawan, manajemen kompetensi, analisis keterampilan, perencanaan suksesi, dan penilaian ‘’multi-rater’’ (misalnya, review 360 derajat). Teknik modern sekarang menggunakan pembelajaran berbasis kompetensi untuk menemukan kesenjangan belajar dan panduan materi seleksi pelatihan.

Ciri-ciri LMS:

  1. menggunakan layanan ‘’self-service’’ dan ‘’self-guided’
  2. mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat
  3. mengkonsolidasikan inisiatif pelatihan pada platform berbasis ‘’web scalable’’
  4. mendukung portabilitas dan standar
  5. personalisasi isi dan memungkinkan penggunaan kembali pengetahuan.

LMS yang efisien akan dapat membantu untuk:

  1. Mengurangi biaya (biaya pembelajaran online cenderung lebih murah)
  2. Meningkatkan efektifitas pemanfaatan waktu, karena LMS dapat diakses secara online darimana saja
  3. Tetap memiliki kualitas pembelajaran yang tidak kalah dengan cara tradisional

Alfabank sendiri sudah menerapkan sistem LMS dari berdirinya alfabank. Olehkarena itu alfabank adalah pilihan yang tepat untuk belajar offline atau online tetang berbagai keahlian.

Bagikan :
WhatsApp chat