Tips dan Trik Belajar Pemrograman Secara Efektif

Photo by Christopher Gower on Unsplash

Tips dan Trik Belajar Pemrograman Secara Efektif – Saat ini programmer merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh semua bidang industri. Apalagi sekarang sudah jamannya industri 4.0, artinya perusahaan beralih ke digital. Programming juga banyak diminati karena gaji yang lumayan tinggi. Hal tersebut juga diikuti oleh skil dan pengalaman orang tersebut.

Tapi, coding atau pemrograman tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang akhirnya menyerah dengan materi materi yang banyak menggunakan logika dan pikiran.

Mereka juga banyak yang belum tahu dimana, darimana, dan apa saja harus dipelajari dari coding, karena sekarang banyak bahasa pemrograman, dan akan bertambah seiring perkembangan zaman.

Tips dan Trik Belajar Pemrograman Anti Stress

Photo by Jefferson Santos on Unsplash

Tentunya ada sebuah tips agar belajar coding atau pemrograman menjadi hal yang tidak membuat stress. Dan setiap orang, berbeda cara atau metode yang digunakan untuk mencegah stress saat memprogram.

1. Belajar dan Kuasai Konsep Dasar Pemrograman

Dasar-dasar pemrograman merupakan hal yang paling penting. Jika kamu tidak menguasai dasarnya, kamu akan menemukan kesulitan yang sangat berat. Jangan hanya cuma mengerti dan paham, kamu juga harus bisa menguasai dan mempraktekkan atau mengimplementasi ke dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun dasar-dasar pemrogaman menurut Bitlabs.id adalah sebagai berikut.

  1. Originating – adalah proses pengumpulan data.
  2. Input – Proses memasukan atau menginputkan data ke dalam perangkat.
  3. Proses – Fase di mana data yang dimasukkan diproses dengan cara dihitung, diurutkan, dan dikelompokkan.
  4. Output – Data yang telah diproses akan ditampilkan di dalam interface perangkat.
  5. Distribution – Proses penyebaran atau penyaluran informasi dari data yang dihasilkan.

2. Pilih Satu Bahasa atau Pilih Aliran Pemrograman

Banyak sekali bahasa pemrograman pada saat ini, membuat kita yang pemula bingun mau pilih bahasa apa. Semua bahasa mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Sebenarnya, pemilihan bahasa tergantung dengan apa yang akan kita buat. Terdapat berbagai aliran programmer.

  1. Website Developer, adalah fokus programmer untuk membuat website, entah itu company profil atau membuat web app. Biasanya bahasa yang digunakan adalah PHP dan Javascript.
  2. Android Developer, adalah aliran programmer yang berfokus untuk membuat aplikasi android. Bahasa yang paling banyak digunakan adalah Java dan Kotlin.
  3. IOS Developer, khusus untuk programmer yang membuat aplikasi IOS. Bahasa yang populer adalah Swift.
  4. Desktop Developer, merupakan programmer yang berfokus pada pembuatan aplikasi desktop.
  5. Game Developer, adalah fokus programming yang membuat dan mengambangkan game. Bahasa yang sering digunakan adalah C# dan C++

3. Cari Mentor yang Paling Nyaman Menurut Kalian Nyaman

Tips dan trik belajar pemrograman efektif
Photo by Lagos Techie on Unsplash

Tips yang nomor tiga adalah carilah sebuah mentor. Pastikan mentor yang kalian cari adalah mentor berpengalaman dan nyaman untukmu. Mentor sangatlah penting dalam dunia pemrograman. Dengan mentor, kamu dapat bertanya, hingga membantu mengetahui roadmap dan cara kerja kedepannya

4. Atur Jadwal Belajar

Untuk menjadikan sebuah pembelajaran yang efektif, kamu harus mengatur jadwal belajar. Tidak perlu banyak jam dalam sehari. Yang penting adalah kamu harus konsisten. Misalnya mulai belajar dengan 6 jam sehari, tapi tidak terus-terusan. Usahakan tiap 2 jam berhenti sejenak. Lakukan hal tersebut setiap hari.

Contoh di atas hanya merupakan ilustrasi, sesuaikan dengan keadaanmu saat ini.

5. Cari Program Milik Orang Lain dan Pelajari Alurnya

Tips dan trik belajar pemrograman efektif
Photo by KOBU Agency on Unsplash

Cara yang paling simpel untuk meningkatkan skil di bidang programming adalah melihat dan mempelajari hasil karya orang lain. Cari programmer yang telah mempunyai cukup pengalaman, cari programnya, dan pelajari kode nya.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui cara kerja seorang programmer yang sudah profesional untuk diterapkan ke dalam dirimu.

6. Praktek, praktek, dan praktek

Pemrograman tidak akan berhasil jika kamu hanya terus menerus belajar. Seorang programmer profesional akan praktek dan praktek. Belajar juga penting, tetapi jika kamu tidak mempraktekannya, belajar akan menjadi sia-sia.

Jika belum memiliki project aplikasi, kamu bisa membuat fake project. Apa itu fake project? Fake Project merupakan proyek yang kamu buat sendiri.

7. Jangan Terlalu Serius dan Tetap Jaga Kesehatan

Coding merupakan kegiatan yang melelahkan. Walaupun cuma duduk saja, tetapi pikiran kita yang bekerja. Jangan habiskan hari mu di depan laptop atau pc, karena hal tersebut malah tidak efektif. Usahakan ada satu hari libur, dan jangan buka laptop. Itu akan membuat pikiran kamu kembali segar.

Ayo Kursus Web Design & Programming Bersertifikat dan Langsung Kerja

Jika kamu ingin cari mentor yang berpengalaman dan kursus yang tidak membosankan, Alfabank Jogja jawabannya.

Daftar Kursus Sekarang

Jika kamu ingin kursus sendiri, kamu bisa mengikuti kursus privat. Daftar di sini.

Bagikan :
Posted in: Artikel

Related Articles

Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya?

Pengertian Email Marketing Seiring dengan inovasi teknologi, semua bidang harus dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Tak terkecuali di pemasaran. Dengan email marketing,…

Fakta Tentang Bahasa Python

fakta tentang bahasa python – Python merupakan bahasa yang cukup populer saat ini. Karena fungsi nya dapat digunakan dalam membuat game, aplikasi…

Cara Membuat Tekstur Kertas di CorelDraw

Cara Membuat Tekstur Kertas di CorelDraw

Membuat Tekstur Kertas di CorelDraw Cara Membuat Tekstur Kertas di CorelDraw – Apakah kalian ingin memberikan tekstur kertas ke dalam desainmu dengan…

Cara Membuat Efek Neon di CorelDraw

Cara Membuat Efek Neon di CorelDraw

Cara Membuat Efek Neon di CorelDraw – Dengan corelDraw, kamu bisa membuat efek neon atau lampu di background yang gelap. Terdapat beberapa…

WhatsApp Hubungi Kami