Full Stack Developer

Full Stack Developer

Hadirnya berbagai jenis website, membuat permintaan terhadap pengembangan website kian meningkat. Jika melihat penggunaan internet oleh masyarakat pada saat ini, masyarakat kerap kali menggunakan internet untuk mengakses suatu website. Oleh karena hal itu, seorang front end developer, back end developer, dan full stack developer dibutuhkan untuk mengatasi tingginya permintaan masyarakat terhadap pengembangan website. Namun, seorang web developer tidak mengembangkan web secara keseluruhan, melainkan hanya mengembangkan bagian tertentu saja. Kira-kira apa itu full stack developer? jika Anda masih asing dengan kata-kata ini, silakan simak penjelasannya artikel berikut ini.

full stack developer adalah seseorang yang nyaman bekerja atau merangkap tugas sebagai back end dan front end developer. Lebih spesifiknya, developer bisa bekerja dengan javascript, PHP, java, database (backend) dan juga bisa mengkonversi desain ke dalam kode pemrograman seperti HTML, CSS, XML (front end).Untuk menjadi seorang full stack developer tidak harus menguasai semua teknologi. Pengalaman dan mampu menganalisa serta menyelesaikan  menyelesaikan suatu permasalahan baik itu urusan back end dan front end menjadi nilai tambah bagi seorang full stack developer.

Menjadi seorang full-stack developer berarti harus mempunyai pikiran yang terbuka akan teknologi baru, harus bisa menggunakan setiap teknologi  dan harus mengerti bagaimana sebuah aplikasi dibuat, mulai dari konsep hingga menjadi produk jadi.Ide seorang “full-stack developer” bukan berarti harus ahli, hanya saja harus terbiasa akan semua teknologi yang ada karena spesialisasi ada untuk alasan tersebut. “full-stack developer” lebih kepada pengertian akan setiap area dan teknologi, bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja, dan bisa menjadi aset yang berguna jika memang situasi memerlukan akan pengetahuan tersebut. point utamanya jika ingin menjadi seorang fullstack developer, dia hanya perlu merasa nyaman bekerja dengan teknologi-teknologi tersebut dan itu cukup banyak untuk dipelajari.

Untuk mempelajari semua itu sekarang tidaklah rumit karna menjadi fullstack developer bisa ditemput atau didapatkan di lembaga kursus. Salah satu lembaga yang melayani kursus fullstack developer adalah alfabank yogyakarta. So, jangan sampai ketinggalan guys.

Bagikan :

Related Articles

Praktek Desain Grafis membuat Merchandise

Praktek Desain Grafis membuat Merchandise

Di kelas Desain grafis tidak hanya membuat desain visual saja menggunakan aplikasi seperti CorelDraw atau Photoshop. Di Alfabank Jogja para peserta dituntut…

WhatsApp Hubungi Kami