Kelas Microsoft Office Terdekat | 26 Februari 2024 => Jadwal Pukul 08.00-10.00 WIB (Kelas Pagi)

Pemrograman Vue.js

Pemrograman Vue.js

Vue.js adalah sebuah framework Javascript untuk membuat user interface dan single-page application (SPA). Vue.js dikenal juga dengan Vue saja dan dieja seperti membaca kata view (/vju:/).

Pada arsitektur MVC (Model–View–Controller), Vuejs hanya akan mengambil peran pada layer View saja. Sedangkan pada sisi backend, vue nggak perduli mau pakai apa. Yang penting Vue bisa menerima dan mengirim data, lalu membuat tampilan user interface (UI). Pada dasarnya, fitur utama Vue lebih fokus pada rendering dan komposisi komponen. Namun, untuk membuat aplikasi yang lebih kompleks, kita akan membutuhkan routing, state manajemen, template, build-tool, dll.

Vue.js adalah salah satu library javascript yang digunakan dan dimanfaatkan untuk membuat sebuah website yang interaktif. Fokus pada vue.js hanya pada view layer atau lapisan tampilannya sehingga sangat mudah diterapkan pada suatu website.

 

Vue.js pun menjadi mudah diimplementasikan dan diintregasikan dengan project yang sudah ada sebelumnya ataupun library javascript lainnya. Vue.js juga menyediakan fungsi mengatur komponen tampilan dan fungsi reactive data binding. Apabila Anda ingin mempelajari vue.js maka disarankan untuk mengerti dasar-dasar tentang HTML, CSS, dan JavaScript terlebih dahulu agar mudah memahaminya dan mudah menerapkannya. Vue.js memang bukan termasuk salah satu library javascript yang populer. Namun menjadi salah satu yang seringkali digunakan. Vue.js bahkan menjadi repositori Github yang memiliki jumlah bintang terbanyak di tahun 2016 dan 2017.

Kelebihan dari Vue.js

Banyaknya pengguna vue.js tidak terlepas dari kelebihan atau keunggulan yang dimiliki. Kelebihan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

  1. Ukurannya sangat kecil

Kelebihan yang pertama ialah ukurannya yang tergolong sangat kecil. Framework satu ini hanya memakan tempat sebesar 18 hingga 21 kb. Ukuran tersebut tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan framework javascript lainnya seperti angular js dan ember js. Hal ini menjadi kelebihan karena keberhasilan framework javascript itu tergantung ukurannya jadi semakin kecil ukurannya, akan semakin bagus dan akan semakin banyak orang yang mau menggunakannya.

  1. Mudah dipahami dan mudah dikembangkan

Kelebihan selanjutnya dari kemudahan pemahaman dan pengembangan. Strukturnya tergolong sederhana, tidak rumit, sehingga memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk memahaminya.Mencari kesalahannya pun akan lebih mudah. Dengan begitu programmer akan menghemat banyak waktu dan memungkinkan pengembangan dalam skala besar.

  1. Integrasi yang sederhana

Menggunakan vue.js membuat developer merasakan kemudahan karena tidak perlu repot-repot melakukan coding dari awal. Vue.js bisa diintegrasi dengan aplikasi yang sudah ada sebelumnya jadi tidak perlu melakukan koding dari awal. Vue.js memiliki kemampuan dalam memuat logika, struktur, dan gaya suatu komponen dalam satu file sehingga pembuatannya menjadi mudah. Komponen fleksibelnya juga dapat digunakan ulang dalam proyek yang berbeda.

Kekurangan Vue.js

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Nah kekurangan dari vue.js antara lain yaitu:

  1. Komunitas developer yang tertutup

Kekurangan pertama dari vue.js yaitu komunitasnya yang belum sebanyak framework lain. Meskipun banyak digunakan, vue.js tetap belum sepopuler framework lain seperti react.js ataupun angularJS. Sumber informasi tentang vue.js sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan framework javascript lain yang sudah populer. Komunitasnya pun tidak banyak ditemukan. Anda mungkin bisa dengan mudah menemukan komunitas developer react.js, tapi anda akan kesulitan mendapatkan komunitas developer vue js.

  1. Terkendala masalah bahasa

Sebagian besar tutorial pengkodean vue.js ternyata ditulis dalam bahasa Cina sehingga sulit dipahami bagi mereka yang menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa lainnya. Hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu kekurangannya.

  1. Terlalu fleksibel bisa menyebabkan masalah

Sebelumnya telah dibahas tentang salah satu kelebihan vue.js yaitu fleksibilitas. Ternyata terlalu fleksibel juga bisa menyebabkan masalah bagi para developer. Vue.js bisa menjadi beban tersendiri jika digunakan untuk proyek yang besar yang melibatkan cukup banyak developer

Bagikan :
WhatsApp chat