Manfaat Digital Marketing

Sekarang ini, yang namanya pemasaran digital sudah menjadi “kewajiban”. Bukan cuma perusahaan, kamu juga dituntut menggeluti cara ini. Lho, apa sih pentingnya pemasaran digital? Padahal, kita kan nggak berkarier di dunia pemasaran? Penjelasannya begini. Di era digital seperti sekarang, pemasaran digital itu berubah layaknya sebuah bahasa. Gampangnya, pemasaran digital sekarang ini menjadi media komunikasi. Nah mungkin kamu selama ini nggak sadar kalau sudah sering melakukan pemasaran digital.

Iklan tradisional kini tak lagi memiliki ‘kekuasaan’ mengingat pemasaran digital multi-channel terus meningkat sebanyak 137% ditambah dukungan kenaikan 500% brand yang menggunakan strategi digital marketing. Kenaikan ini tentu saja didorong oleh para konsumen dan Anda sendiri.Sebanyak 72% konsumen sudah terhubung dengan brand pilihan mereka melalui beragam chanel pemasaran digital yang ada. Namun demikian, walaupun mayoritas konsumen dan pemilik usaha memilih rute pemasaran digital, masih ada usaha kecil yang tidak mengikuti tren ini.

Jika Anda beranggapan digital marketing atau pemasaran online bukanlah sesuatu yang besar dan berpengaruh, maka Anda salah. Mulai tahun 2014, jumlah iklan yang dipasang di internet sudah mengalahkan iklan di televisi dan jaringan televisi kabel. Karena itu, di era digital seperti sekarang, belajar pemasaran digital menjadi penting. Banyak sekali bentuk-bentuk digital marketing yang bisa dikembangkan, seperti media sosial, brosur online, email marketing hingga website bisa di manfaatkan untuk mengembangkan suatu bisnis. Jadi, nggak heran hampir semua perusahaan dan bisnis menggunakan metode ini untuk lebih banyak merangkul pasar.

Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis yang akan meyakinkan Anda.

  1. Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet

Dengan banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha dapat mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari informasi melalui internet.

 

  1. Membuat Anda Lebih Hemat

Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

 

  1. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Menurut eMarketer, teknologi mobile juga mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat selalu menggunakan perangkat mobile mereka setiap saat.

 

 

  1. Membantu Anda Bersaing dengan Perusahaan Besar

Tidak hanya membuat posisi Anda sejajar dengan pesaing, namun digital marketing juga memungkinkan Anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar.

 

  1. Mempermudah merangkul pasar

Nah, untuk yang sudah berpengalaman dengan marketing sebelumnya, menguasai digital marketing bisa menjadi salah satu “alat” mempermudah kamu dalam pemasaran nih. Dilihat dari semakin minimnya orang mengambil informasi dari media tradisional seperti koran hingga televisi, kamu bisa memasarkan produk melalui digital sehingga mudah merangkul pasar yang lebih besar.

Bagikan :

Related Articles

Praktek Desain Grafis membuat Merchandise

Praktek Desain Grafis membuat Merchandise

Di kelas Desain grafis tidak hanya membuat desain visual saja menggunakan aplikasi seperti CorelDraw atau Photoshop. Di Alfabank Jogja para peserta dituntut…

WhatsApp Hubungi Kami