Kelas Microsoft Office Terdekat | 21 Mei 2024 => Jadwal Pukul 15.00-17.00 WIB (Kelas Sore)

Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional | Alfabank Jogja

Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional | Alfabank Jogja

Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional | Alfabank Jogja,sesuatu memerlukan proses. Demikian pula halnya dengan menjadi seorang fotografer profesional. Fotografer professional adalah penghargaan untuk seluruh fotografer yang sudah menghasilkan gambar-gambar yang bagus serta profesional, baik tersebut untuk potret pemandangan, pemandangan alam, olahraga, makanan, dan lain-lain.

Materi Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional
Materi Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional

Fotografer professional adalah pilihan karir yang paling baik dalam menunjukan bakat seseorang. Dunia fotografi ialah bidang yang sarat dengan persaingan, jadi bersiaplah guna memulainya sekalipun dari hal-hal yang kecil. Kemudian sempurnakan ketrampilan kamu dengan membuat portofolio yang berisikan karya-karya terbaik anda.

Beberapa cara jitu untuk menjadi fotografer profesional dipelajari mahasiswa Program Profesi Multimedia Creator di kampus Alfabank Yogyakarta. 

Berikut ini ialah  10 Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional :

1. KEMBANGKAN KETRAMPILAN ANDA DI DALAM MEMOTRET

Tidak terdapat istilah “oh ini jalan yang benar atau ini jalan yang salah” guna menjadi fotografer yang baik. Beberapa orang beranggapan bahwa teknik terbaik guna menjadi fotografer profesional ialah dengan belajar di sekolah fotografi, namun tidaklah demikian.

Karena beberapa orang beranggapan bahwa sekolah hanyalah membuang-buang masa-masa mereka guna menjadi fotografer. Memang urusan ini berisi kebenaran, karena kamu dapat melakukannya dengan belajar membaca kitab mengenai fotografi atau bertanya untuk mereka yang telah kawakan serta mengerjakan percobaan sendiri. Apapun yang kamu putuskan guna dilakukan, maka lakukanlah. Hal ini akanmenambah ketrampilan kamu dalam memotret.

2. GUNAKANLAH PERALATAN YANG TEPAT

Jenis perlengkapan yang kamu butuhkan sekitar pemotretan tergantung pada jenis pemotretan yang kamu lakukan. Tapi pada umumnya, kamu perlu menyiapkan 2 kamera dan lensa yang bervariasi untuk kondisi yang berbeda-beda.

Disamping itu, kamu juga butuh menyiapkan perangkat empuk yang tepat untuk mengerjakan pemeriksaan pasca pemotretan supaya bisa membuat gambar yang bagus. Ingat, semuanya ini tergantung pada jenis pemotretan yang kamu lakukan. Jadi, gunakanlah perangkat yang tepat untukmasing-masing pemotretan yang kamu lakukan.

3. BELILAH PERALATAN SECARA HEMAT

Membeli perlengkapan yang berbobot | berbobot | berkualitas memang urgen untuk memperoleh potret yang bagus, tetapi kamu tidak butuh menginvestasikan seluruh tabungan kamu untuk melakukan pembelian peralatan yang baru ketika kamu barumengawali karir anda.

Misalnya, belilah perlengkapan yang bekas namun masih bagus; belilah model lama yang di diskon sesudah model baru keluar; sewa peralatan; atau bahkan meminjam perlengkapan sampai kamu yakin bahwa bisnis kamu akan sukses. Ketika kamu membeli peralatan, simaklah pajaknya.

Membeli lensa yang bagus adalahinvestasi yang lebih urgen daripada tubuh kamera, sebab lensa dapat dipakai kembali bila kamu pernah melakukan pembelian kamera yang baru, dan seringkali memberikan efek yang paling besar dalam kualitas gambar.

4. KENALI KAMERA ANDA

Kamera mempunyai peran yang sangat urgen dalam menghasilkan gambar yang bagus. Karena itu, sebelum kamu membeli kamera kesatu anda, maka belajarlah terlebih dahulutentang pengaturan dan karakteristik dari kamera yang hendak kamu beli. Belajarlahguna mengubah lensa potret tanpa mesti melihat. Karena meraba-raba denganperlengkapan akan membuat kamu tampak tidak profesional dan dapat memprovokasi kualitas akhir potret anda.

Untuk menjadi fotografer yang benar-benar mahir, makakamu perlu belajar dan berlatih. Berlatihlah secara luas di rumah kamu dengan memanfaatkan lingkungan selama anda. Ambilah sejumlah gambar dengan penataan yang bervariasi guna menghasilkan gambar yang menarik dan menarik. Hal ini bakal memudahkan kamu dalam menilai perlengkapan yang hendak kamu gunakan dalam pemotretan.

5. BELAJAR LEWAT INTERNET DAN MEDIA LAINNYA

Belajarlah melewati media internet, majalah, dan buku-buku fotografi teranyar mengenai teknik meningkatkan kualitas kamu dalam memotret. Hal ini bakal mengajarkan kamu cara-cara baru dalam memakai kamera kamu untuk membuat gambar yang bagus dan menarik.

Pastikan bahwa kamu mempunyai pengetahuan yang luas mengenaiteknik menggunakan perlengkapan kamera yang lain, laksana halnya mengubah lensa. Karena andai tidak, maka kamu akan kewalahan dan nampak tidak profesional saatmengerjakan pemotretan.

6. BELAJAR CARA MENGEDIT HASIL

Belajarlah teknik menggunakan perangkat empuk yang tepat selamat proses pengecekan (editing).Gunakanlah Adobe Photoshop saat kamu melakukan pengecekan terhadap foto-foto anda. Tapi, bila kamu tidak menyukainya, kamu boleh memakai Lightroom atau perangkat empuk lainnya.

7. BUATLAH PORTOFOLIO YANG SEMPURNA

Agar jasa kamu bisa dipakai oleh tidak sedikit orang dan tidak saja keluarga dan teman-teman, maka kamu perlu memperlihatkan karya-karya terbaik kamu dalam format portofolio. Gunakanlah foto-foto kamu yang bagus dengan variasi yang berbeda-beda untuk memperlihatkan bakat anda.

Pastikan bahwa portofolio kamu bukan melulu terdiri dari 5 atau 10 foto, tetapi lebih. Dengan mengerjakan hal tersebut, maka orang-orang hendak melihat karya anda. Dengan teknik inilah kamu bisa mendapat  seorang klien.

8. CARI TAHU KETRAMPILAN/KEAHLIAN ANDA

Cobalah untuk memungut gambar di masing-masing jenis fotografi yang kamu suka, sebelum kamu menilai bidang kemahiran anda. Misalnya, potret pernikahan, pemandangan, olahraga, dan lain-lain. Jika kamu sudah mencobanya, maka cari tahu bidang kemahiran anda, dan gunakanlah urusan itu untuk membuat keuntungan dalam bisnis anda.

9. BERIKAN PADA KLIEN APA YANG MEREKA INGINKAN

“Berikan pada klien apa yang mereka inginkan” seharusnya menjadi prinsip dasar utama yang butuh dipikirkan oleh mereka yang hendak menjalani kehidupan sebagai seorang fotografer. kita mungkin hendak menciptakan potret orang yang kreatif, tetapi klien kamu menginginkan urusan yang bertolak belakang yaitu lumayan saja tampak cantik.

Ingat, dalam menjalankan karir ini, kesatu-tama kamu membutuhkan uang. Jadi, ikuti kemauan klien kamu sepenuhnya. Cara terbaik guna hal ini ialah dengan meminta klien kamu membeli mesin cetak (printer). Klien kamu lebih ingin untukmelakukan pembelian mesin cetak (printer) andai mereka senang atau suka dengan apa yang mereka lihat. Karena tersebut perhatikan baik-baik apa yang klien kamu inginkan dan buatlah demikian.

Karena dari situlah kamu dapat melebarkan sayap kamu dalam dunia fotografi. Semakin tidak sedikit orang yang suka karya anda, maka semakin banyaklah orang yang akan memakai jasa anda. Jadi berpikirlah dengan bijak.

10. AMBIL GAMBAR (MEMOTRET)

Hal ini paling sederhana, namun adalahkunci guna segala sesuatu. Hal itu ialah memotret. Banyak orang melulu membawa kamera mereka ketika pergi berlibur atau jalan-jalan. Saat memungut gambar, mereka pergi ketempat yang nyaris semua orang pernah kunjungi, laksana pegunungan, kebun binatang, taman, kota yang unik, dan negara yang sarat dengan bangunan-bangunan bersejarah.

Memang urusan ini bagus,namun lakukanlah yang lebih. Bawalah foto kamu setiap ketika dan usahakanlah untuk mengambil gambar masing-masing momen yang kamu alami masing-masing hari. Misalnya, saat kamu sedang memakai telepon. Tanpa kamu sadari, kamu dapat menciptakan potret yang unik dan bagus dengan mengerjakan hal laksana itu.

Fotografer terbaik ialah mereka yang dapat mengambil gambar yang bagus di tempat-tempat yang biasa-biasa saja. Lakukanlah ini. Pergilah keluar, kemanapun kamu mau. Misalnya ketempat yang mungkin disebutkan orang jelek untuk memungut gambar, namun cobalah. Karena kamu tidak pernah tahu apa yang akan kamu peroleh bila kamu tidak mencobanya. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan fotografi anda.

 

Kalian bisa belajar Cara Jitu Untuk Menjadi Fotografer Profesional di kampus Alfabank Yogyakarta.

ALFABANK YOGYAKARTA
0274 385 997 (Telp)
0896 7148 1943 (WA/SMS)
Jl. Glagahsari No. 46 C Warungboto Umbulharjo Yogyakarta

 

Bagikan :
WhatsApp chat