Kelas Microsoft Office Terdekat | 21 Mei 2024 => Jadwal Pukul 15.00-17.00 WIB (Kelas Sore)

Cara Mengubah Data Menjadi Grafik di Excel

Photo by PXhere

Mengubah Data Menjadi Grafik di Excel – Otak manusia lebih cepat menangkap informasi yang berbentuk grafis dibandingkan dengan teks. Maka dari itu, jika kamu ingin mempresentasikan sesuatu, hendaknya direpresentasikan dalam bentuk grafis atau gambar.

Tak terkecuali dengan data di Excel. Akan lebih mudah dipahami dan dibaca ketika data tersebut diubah menjadi grafik. Terdapat beberapa macam grafik di Excel yang dapat kamu gunakan untuk menyajikan suatu data.

Terdapat Column Charts, Line Charts, Pie Charts, Donuts Charts, Bar Charts, Area Charts, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara mengubah data menjadi grafik di Microsoft Excel? Simak tutorial di bawah ini.

1. Buka Excel dan buat dokumen baru

Langkah yang pertama adalah membuka Microsoft Office Excel. Jika belum mempunyai softwarenya, saya sarankan untuk mengunduh dan membeli di situs resminya di sini. Setelah membuka aplikasi, buatlah dokumen kosong atau blank workbook.

2. Buat sebuah data atau tabel data

Langkah yang kedua adalah membuat sebuah data atau tabel data. Jika kamu sudah mempunyai data, tinggal buka saja. Pastikan terdapat judul, kepala tabel, dan tubuh tabel atau isi tabel. Disini, saya mempunyai contoh data Wisatawan Mancanegara 10 tahun terakhir. (hanya contoh saja)

mengubah data menjadi grafik

3. Saatnya memilih jenis grafik

mengubah data menjadi grafik

Untuk mengubahnya menjadi sebuah grafik, hal pertama yang harus dilakukan adalah blok semua tabel termasuk dengan judul. Kemudian pilih chart atau grafik yang sesuai keinginan kamu. Saya sarankan untuk memilih recommended charts agar grafik yang dihasilkan mampu menyampaikan informasi secara baik. (Lihat gambar diatas yang di highlight)

4. Setelah memilih, klik tombol OK

mengubah data menjadi grafik

Pilihan grafik terdapat pada pop up tersebut. Setelah kamu memilih grafik yang diinginkan, klik ok di kanan bawah. Setelah kamu menekan tombol, akan langsung muncul grafik sesuai data tabel yang sudah ada tadi.

5. Kustomisasi grafik

Microsoft Excel mempunyai fitur kustomisasi grafik. Grafik yang dibuat tadi dapat diubah-ubah warna, jenis font, ketebalan garis, ukuran font, background, dan masih banyak lagi. Fitur ini dapat diakses di sebelah kanan layar kamu. Pastikan kamu klik grafik mu terlebih dahulu.

mengubah data menjadi grafik

Dalami Excel dengan Kursus Online Microsoft Excel di Alfabank Jogja

Promosi lagi kann… 🙂 Ayo ikuti Kursus Microsoft Office secara daring dengan instruktur yang berkompeten. Alfabank Jogja merupakan tempat kursus komputer terbaik di Jogja. Jangan sampai nyesel karena hilang kesempatan ya…

Lihat semua kursus di sini.

Bagikan :
WhatsApp chat