Kelas Microsoft Office Terdekat | 16 April 2024 => Jadwal Pukul 15.00-17.00 WIB (Kelas Sore)

Psikologi Warna dalam Desain, Filosofi Warna dan Kegunaan Warna

Photo by Quinten Braem on Unsplash

Psikologi Warna dalam Desain – Desain Grafis merupakan sebuah karya yang erat kaitannya dengan warna. Seorang Desainer Grafis harus menguasai dan paham tentang penggunaan warna, karena warna sendiri mempunyai makna. Jika desainer salah dalam pemilihan warna, maka hasilnya tidak akan indah di mata.

Kalau kamu sedang belajar desain grafis, kamu juga harus belajar tentang Psikologi Warna. Jangan asal pilih warna, dan kali ini kita akan belajar tentang psikologi, filosofi, dan penggunaan warna dalam desain grafis.

Inilah Makna Warna dalam Desain

1. Biru

Warna biru menggambarkan ketenangan, teratur, damai, dan aman. Warna ini sering disukai oleh pria dibandingkan wanita. Biru merupakan warna yang cukup populer, banyak logo dari perusahaan dunia menggunakan warna biru sebagai branding mereka. Contoh nya logo Paypal, Oreo, Pepsi, IBM, dan masih banyak lagi.

Dalam desain interior, biru erat kaitannya dengan produktif. Karena sejatinya warna biru memberikan efek ketenangan.

2. Merah

Photo by Joshua Hoehne on Unsplash

Berbeda dengan warna biru, merah merupakan kebalikannya. Biru cenderung ke tenang, dingin, dan damai. Sedangkan merah cenderung hangat dan ketegangan.

Mencerminkan Kemarahan

Jika kamu sedang mendesain, gunakan warna merah ketika pesan dari desain tersebut tentang argumen, emosi, atau semangat yang tinggi. Jangan gunakan warna ini ketika menyampaikan informasi yang biasa biasa, karena nanti orang lain mengira kita sedang emosi.

Gunakan untuk Peringatan

Dalam UI Desain, gunakan warna merah untuk peringatan jika terdapat yang salah. Kita juga sering mendapati rambu rambu lalu lintas yang berwarna merah. Pasti rambu tersebut merupakan peringatan dan bukan rambu informasi. Contohnya dilarang berhenti, dilarang parkir, dan sebagainya.

3. Hitam

Warna hitam melambangkan kekuasaan, profesional, elegan, dan mewah. Kebanyakan logo yang berwarna hitam adalah perusahaan yang mengedepankan kualitas. Contohnya Nike, Adidas, Gucci, Apple, Sony, New York Times, dan masih banyak lagi.

Terdapat sisi negatif dari penggunaan warna hitam. Sisi negatif warna hitam adalah kematian, pasif, hal jahat dan buruk, ilmu sihir, dan kegelapan. Jadi hati hati ketika menggunakan warna ini ya, karena warna ini mempunyai dua sisi yang berlainan.

4. Putih

Karakteristik warna putih adalah murni, suci, dan bersih. Putih sering digunakan untuk menambah kesan fokus. Warna ini juga digunakan untuk menambah ruang kosong dalam desain. Dalam desain interior, putih digunakan untuk memberi kesan menambah luas ruangan.

Warna Putih dalam Marketing

Dalam dunia marketing, putih melambangkan kemurnian, segar, kebersihan, dan untuk menambah kontras. Logo terkenal yang menggunakan warna putih adalah Volkswagen, Lego, HP, Michelin, Starbucks, dan masih banyak lagi.

5. Hijau

Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Hijau merupakan warna dengan karakteristik kalem, dan menyegarkan. Hijau juga identik dengan natural, tumbuh, dan tumbuhan. Desain dengan warna hijau dapat menggambarkan keuntungan, kesehatan, dan kesuburan.

Desainer sering menggunakan warna hijau untuk menjelaskan kepada orang lain bahwa informasi yang ingin disampaikan merupakan sebuah informasi semata, bukan sebuah peringatan. Jangan gunakan warna ini sebagai danger, kritik, dan peringatan.

6. Kuning

Jika kamu ingin memberitahu jika informasi ini adalah penting adalah dengan warna kuning. Kuning dapat menarik perhatian jika berlatar belakang gelap. Warna kuning akan mati jika berlatar belakang putih atau terang.

Kuning berarti hangat, energik, kalem, namun bisa menjadi agresif. Kuning juga menggambarkan keceriaan. Banyak perusahaan yang menggunakan kuning sebagai logo mereka. Contohnya Lays, Subway, Ikea, Shell, McDonnals, Ferrari dan masih banyak lagi.

7. Oranye

Pernah melihat sinar matahari senja? Menenangkan bukan? Itulah karakteristik warna oranye. Selain menenangkan, oranye menggambarkan ceria, cerah, dan menarik

Dan itulah psikologi warna dalam desain, makna warna, dan penggunaan warna. Silakan komentar dibawah jika terdapat kesalahan dalam penulisan maupun materi. Terimakasih.


Dalami Desain Grafis dengan Kursus Desain Grafis Bersertifikat

Ingin mahir desain grafis dalam 1 bulan saja? Dan ingin mendapatkan pekerjaan impian tanpa kuliah dan sekolah lagi?

Alfabank Yogyakarta adalah tempat kursus desain grafis bersertifikat di Jogja yang menawarkan program 1 bulan langsung kerja. Banyak lulusan Alfabank yang sudah bekerja bahkan ada yang menjadi wirausahawan. Ayo daftar Kursus Desain Grafis dengan klik tombol di bawah.

Atau daftar kursus privat desain grafis jogja di sini.

Lihat semua kursus di sini.

Bagikan :
WhatsApp chat