Seberapa pentingkah Sebuah pelatihan bagi seorang karyawan?

Umumnya, pelatihan kerja atau training dalam sebuah perusahaan selalu berhubungan erat dengan hasil kinerja karyawan di perusahaan tersebut. Dengan melakukan training, para karyawan dapat memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan.

Perusahaan selalu membutuhkan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk meningkatkan profit dan perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, pelatihan dan pembinaan karyawan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Training dinilai sebagai salah satu media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan karyawan dan mendukung laju perkembangan perusahaan.

Pelatihan kerja berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan mengikuti pelatihan kerja. Diantaranya adalah:

  1. Mewujudkan pelatihan kerja nasional yang efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga kerja
  2. Memberikan arah dan pedoman dalam penyelenggaraan, pembinaan, dan pengendalian pelatihan kerja
  3. Mengoptimalkan pendayagunaan dan pemberdayaan seluruh sumber daya pelatihan kerja.
  4. Untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan bisnis dan operasional-operasional industri sejak hari pertama masuk kerja
  5. Untuk mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru agar menjadi kompeten.
  6. Untuk mempersiapkan promosi ketenagakerjaan pada jabatan yang lebih rumit dan sulit, serta mempersiapkan tenaga kerja pada jabatan yang lebih tinggi yaitu tingkatan kepengawasan atau manajerial.

Berikut arti penting pelatihan bagi karyawan:

  1. Menemukan Potensi Diri.
  2. Keluar dengan praktek lama. Pelatihan yang Anda jalani akan memberikan Anda kesempatan untuk memahami perkembangan terbaru dan tren dalam industri Anda. Anda dapat mengejar ketertinggalan Anda dengan mengikuti pelatihan karyawan.
  3. Belajar seumur hidup Dengan mengembangkan keterampilan Anda melalui program kepemimpinan, dalam diri Anda akan berkembang, semangat belajar seumur hidup.
  4. Kurang Konfrontasi Dalam suasana pelatihan Anda dapat membahas permasalahan yang mungkin dimiliki Anda dapat menyuarakan pendapat Anda sehingga menjadi lebih terbuka segala sesuatu yang Anda rasakan kepada perusahaan.
Bagikan :
WhatsApp chat